Alamat:

Jl. Pangkalan Samak No. 49 RT.18 Lk.VI (Pasar Senin) Kel. Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir.
HP:
0852 6788 6580 (MUTTAQIN, S.T.) - 0852 6850 1978 (MEILY D.A.)

Selasa, 19 Oktober 2010

PERBANYAKLAH HUSNUL MU’AMALAH!

PERBANYAKLAH HUSNUL MU’AMALAH!

Disampaikan oleh MUTTAQIN, S.T.
Dalam MT. Ummahatul Mukminah Tanjung Laut, MT. Al Hidayah Tanjung Atap dan MT. Jama’atish Sholihat Rengas

Saat ini kita telah berada di bulan Zulqa'dah, salah satu bulan yang disucikan Allah SWT. Dalam bulan suci ini, kita dianjurkan untuk memperbanyak Husnul Muamalah. Husnul mu’amalah merupakan bagian dari akhlaq al karimah yang merupakan cermin baiknya keimanan seorang mukmin baik dalam hubungannya dengan Allah (hablumminallah) maupun hubungannya dengan manusia (hablumminannas).
Ustadzah Erika Suryani Dewi, Lc menuliskan beberapa sikap yang perlu diperhatikan dalam rangka meningkatkan dan memperbanyak husnul muamalah, yaitu :

1. Menepati janji
Sebagaimana firman Allah SWT: "Wahai orang orang yang beriman, penuhilah janji-janjimu" (QS. Al Maidah : 1).
Baik janji kepada manusia, terlebih janji kepada Alloh SWT.

2. Menghormati tetangga
Rosululloh SAW bersabda, ….dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia menghormati tetangganya, …” (HR. Bukhari Muslim). Dan dalam salah satu riwayat disebutkan bahwa baiknya amalan shalat, puasa dan shadaqah tidak dapat menjamin seseorang masuk surga ketika akhlaqnya buruk pada tetangganya.

3. Memenuhi hak orang tua dan anak
Allah berfirman dalam surat Al Ahqof ayat 15, “Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada kedua ibu bapaknya. Ibunya yang telah mengandungnya dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah, menyambungnya sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan.”
Rasulullah bersabda yang intinya, barang siapa membuat ridho orang tuanya di pagi hingga sore hari maka ia mendapati dua pintu syurga terbuka untuknya,dan jika seorang maka satu dari pintu itu. Dan barang siapa membuat murka orang tuanya maka ia mendapati dua pintu neraka terbuka untuknya, dan bila seorang maka satu dari pintu itu. Seseorang bertanya ‘ya Rasulullah, apakah meskipun keduanya berbuat anaiaya kepadanya?’ Rasulullah menjawab, ‘meskipun keduanya berbuat aniaya kepadanya (dua kali)’
Demikian juga, orang tua juga wajib berbuat adil kepada anak-anaknya bahkan dalam hal pemberian sekalipun yang sering kita anggap sepele.

4. Berbuat baik dalam rumah tangga
Dalam kehidupan rumah tangga, suami istri harus dapat menjaga dan memenuhi hak-hak pasangannya masing-masing. Rasullulah bersabda, “Nasihatilah perempuan dengan cara yang baik! Perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk, sementara yang paling bengkok itu bagian teratasnya. Jika engkau bersikeras meluruskannya, ia akan patah. Tetapi jika engkau membiarkannya, ia akan bengkok selamanya. Maka nasihatilah perempuan dengan cara yang baik!”

5. Memenuhi hak atas diri sendiri
Sebagai mukmin, setiap pagi kita diwajibkan untuk menyedekahi 360 titik persendian tubuh kita. Shadaqah disini tidak hanya berupa materi namun dapat berupa non materi seperti shalat Dhuha, membantu orang lain, mengucapkan kalimat-kalimat thoyyibah (dzikir), langkah-langkah menuju masjid, atau menyingkirkan duri atau benda-benda berbahaya dari jalan.
Mulai saat ini, mari terapkan husnul muamalah dalam kehidupan ini. Kita jauhi sifat-sifat kikir, dengki, rakus dan zalim yang terbukti telah sukses menghancurkan umat-umat sebelumnya. Sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlaq mulia.” (HR. Malik)
Semoga Allah SWT memudahkan langkah-langkah kita dalam ketaatan kepada-Nya dan mewarisi akhlaq yang baik dalam berinteraksi dengan sesama manusia terlebih dalam berinteraksi dengan Allah, karena kebersihan dan kemurnian iman tercermin dari akhlaq yang mulia. Amiin.
wallahu alam

Sumber: www.MQNet.com dan www.Risalah Mudzakarah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar